11 Tempat Wisata Alam Di Banyuwangi
Mar 2013 26

BANYUWANGI – Banyuwangi adalah kabupaten terluas di Jawa Timur. Wilayahnya cukup beragam, dari daratan rendah hingga pegunungan. Letaknya di daerah pesisir selatan, alam Banyuwangi masih alami. Gagasan ecotourism merupakan gagasan nyata dari Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dalam mengembangkan potensi wisata.

Berikut adalah beberapa destinasi wisata alam (ecotourism)  yang bisa kita kunjungi di Banyuwangi.

1. Kawah Ijen

Kawah Ijen merupakan tempat yang indah. Di puncak Ijen terdapat suatu kawah , kaldera dan danau hijau yang menakjubkan. Tempat ini adalah tempat favorit wisatawan asing di Banyuwangi. Anda bisa menempuh perjalanan dari Desa Tamansari Kecamatan Licin.

Saat ini perjalanan menuju Paltuding Ijen bukan hal sulit, hanya saja banyak jalur menanjak yang memicu adrenalin kita. Terlebih lagi jika kita melewati track erek erek, kemiringan serta tanjakannya juga cukup menantang. Bagi yang ingin menggunakan kendaraan pribadi  di sarankan memakai mobil 4 WD atau double gardan. Saat kita tiba di pos paltuding,  kita bisa memarkirkan kendaraan dan melanjutkan dengan tracking menuju puncak.

Lebih indah jika anda mendaki pada saat dini hari. Karena moment blue fire yang hanya ada dua di Dunia, salah satunya setelah Alaska, bisa kita jumpai di Gunung Ijen. Perjalanan yang melelahkan selama kurang lebih dua jam akan terbayar dengan keindahan pesona Gunung Ijen

2. Pantai Plengkung ( G- Land)

Surfing itulah yang ada di benak kita saat mendengar nama Plengkung atau biasa kita sebut G-land. Memang tempat ini dinobatkan menjadi surganya pecinta selancar dunia. Ombak di G-Land merupakan ombak yang terpanjang dan tertinggi ke dua setelah hawai ini. Wisatawan asing asal Australia, Amerika dan Selandia Baru banyak yang berkunjung ke tempat ini.

Tempat yang punya ombak sempurna ini berada di daerah Banyuwangi selatan. Tepatnya dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo (TNAP). Sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan dengan keindahan hutan tropis yang masih alami. Sebelum tiba di G-Land kita bisa mampir ke Pantai Trianggulasi sejenak sambil mengamati rusa yang berkeliaran bebas. Ditempat ini pula kita bisa menjumpai beberapa tempat singgah.

3. Pantai Rajeg Wesi

Pantai Rajegwesi masuk administratif Desa Sarongan Kecamatan Pesanggaran. Tempat ini juga masuk kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Jaraknya lumayan jauh dari kota Banyuwangi. Untuk menuju pantai ini kita harus melewati daerah perkebunan sungai lembu. Disepanjang perjalanan kita akan menjumpai perkebunan karet.

Penduduk di sini ramah ramah dan akan menyambut para pengunjung dengan sapaan yang hangat. Pantai yang bersih dengan pasir putih nan indah membentang di batasi bukit bukit hijau yang indah. Siapapun yang pergi ketempat ini tidak akan pernah merasa bosan.

Pantai Rajegwesi dekat dengan pegunungan, tentu udara disini  tak panas seperti pantai pantai pada umumnya. Ombaknya tidak terlalu tinggi sehingga pengunjung bisa berenang. Tak perlu menunggu waktu lama untuk menentukan liburan anda ke tempat ini.

4. Sukamade

Pantai Sukamade berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri (TNMB). Semua pantai yang berada di TNMB adalah kawasan pantai selatan. Sehingga lautnya masih bersih dan alami dikarenakan belum sering di jamah orang.

Pantai ini sendiri juga menjadi tempat penangkaran Penyu. Namun untuk menuju tempat ini memang butuh jiwa petualang yang besar. Jalan yang kita lewati adalah jalan berbatu, kadang juga kita harus menyeberangi sungai. Di kawasan ini layaknya tempat di pedalaman hutan. Semuanya masih asri dan hijau. Di sepanjang perjalanan kita juga bisa melihat monyet, biawak dan satwa liar lainnya.

Perjalanan menuju Pantai Sukamade memang sangat panjang, namun setelah kita tiba kita akan disuguhkan dengan keindahan pantai yang menakjubkan. Airnya yang hijau dan bening serta pantai yang bersih akan memanjakan mata kita. Di tempat ini kita juga bisa belajar tentang penyu karena di sini jugadigunakan sebagai tempat penangkaran penyu.

5. Teluk Hijau (Green Bay)

Teluk Hijau berada di Kecamatan Pesanggaran dan juga masih di kawasan TNMB. Kawasan Banyuwangi selatan boleh di bilang surganya pantai Banyuwangi. Untuk menuju tempat ini kita melewati jalur yang sama seperti menuju Rajeg wesi ataupun Sukamade. Namun Teluk hijau sendiri lebih dekat di banding  dua tempat itu.

Pemandangan indah dan menakjubkan bisa kita lihat dari atas bukit. Mata kita akan dimanjakan dengan keindahan tebing tebing tinggi yang hijau serta hempasan ombak dari laut nan bersih. Tapi di Green Bay ini, kita belum tiba pada tujuan pantainya alias tujuan utamanya.

Kebanyakan, tujuan utamanya Sukamade dan Rajeg Wesi. Sehingga kadang pengunjung hanya berhenti sejenak dan melihat teluk hijau dari kejauhan sembari istirahat sebelum melanjutkan perjalanan.

6. Pulau Merah ( Red Island)

Pulau Merah terletak di daerah selatan Banyuwangi. Pantai ini begitu indah dengan ombak yang pas untuk para pecinta surfing. Di tengah tengah terdapat pulau kecil atau bukit yang tanahnya berwarana kemerahan dan karena itu tempat ini di sebut Pulau Merah.

Keadaan pantai bersih dengan pasir putih yang mempesona. Tidak akan bosan menikmati tempat ini. Jika senja tiba kita juga bisa menyaksikan sunset yang indah. Pulau merah memang terbilang cukup jauh dari kota dan memiliki track yang bermacam macam tingkat kesulitannya. Tak perlu takut bermain dengan ombak besar karena banyak orang di sekitar kita.  Tempat ini cocok untuk liburan keluarga dan teman teman.

7. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran, kerap disebut sebagai Africa Van Java. Wilayah yang juga kawasan konservasi flora dan fauna ini berjarak kurang lebih 35 km dari pusat kota Banyuwangi. Disana terhampar luas padang rumput (savana) sebagai rumah bagi satwa liar seperti Banteng, Rusa dan satwa liar dilindungi lainnya.

Di tempat ini juga terdapat menara pengawas sebagai tempat bagi pengunjung untukk menyaksikan keindahan padang rumput yang luas serta hewan hewan-hewan liar. Baluran juga memiliki pantai Bama yang eksotis dan masih alami. Ada sebuah menara dimana kita bisa menikmati matahari terbit (sunrise) yang indah dari balik laut pantai Bama.

Hutan bakau yang rimbun bisa kita jumpai di sebagian sisi pantai ini. Pantainya yang masih bersih, jernih dan juga dangkal. Dengan panorama terumbu karang yang menawan dan keadaan laut yang tenang sangat menyenangkan untuk snorkeling. Di tempat ini juga banyak terdapat monyet liar yang siap menemani bahkan kadang menjahili di saat kita menikmati keindahan pantai.

Akses menuju tempat ini dari pintu gerbang terbilang cukup jauh dan melali jalan berbatu. Namun, dalam perjalanan kita bisa menikmati keindahan hutan belantara disisi kiri dana kanan jalan. Tak jarang kita bisa bertemu satwa yang melintas.

8. Air terjun Lider

Lider berada di desa Sumber Arum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi. Merupakan air terjun terbaik dan tertinggi di Banyuwangi. Medan untuk menuju tempat ini memang cukup sulit. Melewati hutan dan serta perkebunan yang jalannya belum ter aspal.

Tepat sampai di pemukiman warga kita memarkirkan kendaraan kita. Setelah itu kita berjalan kaki menuju lokasi air terjun ini. Setelah sampai di bibir jurang, tunggu dulu perjuangan kita belum selesai. Medan yang sulit dan tebing tebing curam dan terjal akan menemani suasana perjalanan anda. Di tengah perjalan juga terdapat air terjun kecil.

Untuk menuju air terjun utama, kita bisa melanjutkan perjalanan lagi dan yang pasti harus penuh perjuangan. Setelah sampai, siap siaplah mata anda terpana akan keindahannya. Ketinggian air terjun sempurna dengan volume air yang besar.

Di sisi air terjun utama juga terdapat air terjun kecil kecil yang menkajubkan mata. Untuk menuju tempat ini perlu jiwa berpetualang. Tapi di jamin, perjuangan berat anda akan terbayar dengan keindahan nya.

9. Agrowisata Kalibendo

Tempat ini terletak barat pusat kota Banyuwangi kira kira sekitar 20 km dari kota. Tepat pada jalur menuju kawah ijen. Wisata ini terdapat di dataran tinggi sehingga udaranya sejuk dan masih alami. Pemandangan khasnya adalah perkebunan cengkih, karet, kopi dan tanaman keras lainnya.

Di Kalibendo juga terdapat sungai yang jernih dan asri. Tidak heran jika Kalibendo menjadi tempat favorit pengunjung melepas kepenatan hiruk pikuk kota. Di sini juga terdapat Air terjun yang indah dan menjadi tempat favorit anak anak muda untuk berwisata bersama teman temannya.

Yang menjadi daya tarik utama dari tempat ini adalah udaranya yang sejuk dan suasana pedesaan yang masih tradisional. Tentu dengan adanya sungai yang jernih dan dingin menjadikan tempat ini lebih istimewa. Sebelum memulai perjalanan turun menuju sungai, ada sebuah lapangan sepak bola milik masyarakat kalibendo yang biasa digunakan untuk aktifitas olahraga atau aktifitas berkemah.

10. Pantai Watu Dodol

Pantai Watu Dodol terletak di sebelah utara Banyuwangi. Posisi pantai ini sendiri tepat di sebelah jalan raya propinsi Banyuwangi-Situbondo. Sehingga jika kita melewati arah utara Banyuwangi, pasti dengan mudah kita bisa menjumpai pantai ini. Tidak sedikit pengunjung  yang beristirahat dalam perjalanan berhenti sejenak sambil menikmati keindahan pantai.

Di pantai ini terdapat dua land mark, yaitu batu raksasa yang letaknya tepat di tengah jalan raya yang memisahkan jalan menjadi dua jalur. Konon batu ini memiliki sejarah penamaan lokasi wisata ini. Yang ke dua adalah patung penari gandrung yang berdiri di bibir pantai. Keadaan pantai yang menghadap ke Selat Bali ini bersih dan indah.

Airnya biru jernih dengan pasir yang dihiasi batu (batu dodol) di salah satu bibir pantai. Deretan warung ditepi pantai juga menjadi jujugan wisata kuliner. Uniknya di pantai ini juga terdapat mata air tawar yang mengalir ke pantai. Dan rasanya tawar dan juga segar untuk di minum.

Tak jauh dari pantai terdapat bukit yang indah. Jika menyaksikan panorama pantai dari bukit ini maka sungguh jelas indahnya biru laut watu dodol. Di Bukit ini juga terdapat tempat bersejarah yaitu Goa Jepang. Akses untuk menuju pantai watu dodol tidak sulit, sarana transportasi pribadi atau umum sangat mudah untuk menjangkau tempat wisata ini.

11. Tamansuruh

Berada di sebelah barat Banyuwangi sekitar 10 km dari kota. Tepatnya di Kecamatan Glagah desa Tamansuruh. Tamansuruh merupakan wisata berupa kolam renang. Tapi tak hanya sekedar kolam renang biasa, keunggulan kolam renang ini menggunakan air yang langsung dari mata air alami. Air nya sejuk sehingga membuat siapapun betah berlama lama berenang di kolam ini.

Tempat yang sangat menyenangkan dengan udara pegunungan alami dan asri khas pedesaan. Tidak seperti kolam renang lain yang biasanya air dicampur dengan klorin. Air di Tamansuruh tanpa ada tambahan klorin. Airnya pun terus mengalir tanpa henti sehingga kebersihannya terjamin.

Boleh di bilang Tamansuruh adalah pelopor pertama berdirinya kolam renang yang alami. Walau kini banyak bermunculan tempat wisata lain, Tamansuruh tetap menjadi tempat favorit masyarakat Banyuwangi untuk menikmati liburan akhir pekan.

Itulah beberapa tempat wisata alam yang menarik untuk kita kunjungi di Kabupaten berjuluk The Sunrise of Java, ini. Semoga bisa menjadi referensi kita dalam memilih tempat mengghabiskan akhir pecan bersama keluarga dam orang-orang yang kita cintai. Selamat berlibur.

Tim Redaksi sunriseofjava.com

photo by: Olivier Grunewald

5 Comments

  1. Nikonqamb says:

    di sini di situs web -compiled pilihan berita terbaru tentang volkswagen ru.

  2. Monafisa says:

    Saya salut sebagai laros bwi mulai menata diri. Sekedar saran saja, agar pengunjung web lebih tertarik mohon dicantumkan foto area wisatanya. Karena visualisasi yang menarik tentu akan lebih efektif untuk menarik wisatawan asing dan domestik

  3. Avdeiofrc says:

    Satelit ” Yamal – 402 ” tidak muncul di orbit dihitung _ttp://www.interfax.ru/news.asp?id=280005.
    Terbaik dari semua pemimpin Rusia untuk memecahkan segalanya lebih mudah dan tidak ada pilihan – untuk menjual semua minyak dan struktur bisnis gas meledak, menghancurkan staf , dan oleh staf penuh untuk menyelinap pergi ke Amerika .

  4. Bogdanluzm says:

    dibangun di situs di atas berbagai berita tentang фото звёзд россии.

  5. Adriana says:

    Terima kasih banyak atas informasinya, sangat bermanfaat. Kami benar benar memerlukannya.

Leave a Comment